soal – soal psikologi pendidikan

1.      Binatang apa yang digunakan dalam eksperimen dari teori Edward Lee Thorndike ?

a.       Kelinci

b. Kucing

c.       Ular

d.      Anjing

2.      Stimulus apa yang disediakan oleh Thorndike dalam eksperimenya ?

a.       Roti

b. Daging

c.       Susu

d.      Telur

3.      Suatu hukum yang menyatakan apabila latihan diulang – ulang maka hubungan stimulus dan respons akan semakin kuat, hukum tersebut adalah ?

a. The law of use

b.      The law of effect

c.       The law of disuse

d.      The law of readiness

4.      Berikut ini merupakan hukum – hukum belajar dari Thorndike, kecuali…..

a.       Hukum kesiapan ( the law of readiness )

b. Hukum bawaan atau keturunan

c.       Hukum latihan ( the law of exercise )

d.      Hukum akibat (the law of effect )

5.      Manusia dapat melakukan respon pada situasi yang belum dialaminya, pernyataan ini merupakan arti dari hukum tambahan Thorndike, yaitu….

a. Response by analogy

b.      Multiple respons

c.       Sikap

d.      Perpindahan asosiasi

6.      Thorndike teknenal dengan teorinya yang disebut dengan…….

a.       Teori Hierarki kebutuhan

b.      Teori  ego – super ego

c.       Teori psikologi analisis

d. Teori belajar koneksionisme

7.      Thorndike menyatakan bahwa asosiasi antara stimulus dan respons akan melemah bila latihan dihentikan, hukum tersebut adalah ?

a.       The law of  readiness

b.      The law of effect

c. The law of disuse

d.      The law of use

8.      Dibawah ini yang bukan merupakan tokoh aliran behavioristik adalah……..

a. Carl Rogers

b.      Thorndike

c.       Skinner

d.      Waston

9.      Bila seseorang siap untuk melakukan suatu tingkah laku, tapi tingkah laku tersebut tidak terlaksana, maka akan menimbulkan kekecewaan baginya, sehingga menyebabkan dilakukan tingkah laku lain untuk mengurangi kekecewaanya. Pernyataan ini merupakan rumus dari salah satu hukum…..

a. Hukum kesiapan

b.      Hukum latihan

c.       Hukum akibat

d.      Hukum latihan ditinggalkan

10.  Yang merupakan hukum tambahan dari thorndike, yaitu …..

a.       Hukum latihan ditinggalkan

b.      Hukum akibat

c. Perpindahan asosiasi

d.      Spread of effect

1.      Dalam percobaan Skinner, tikus yang digunakan adalah tikus yang dalam keadaan…

a. dalam keadaan lapar.

b.      dalam keadaan stress.

c.       dalam keadaan normal.

d.      dalam keadaan sakit.

2.      Fungsi diberikannya aliran listrik dalam Skinner box…

a.       untuk memberikan penerangan.

b. untuk memberikan hukuman.

c.       untuk memberikan hadiah.

d.      untuk memberikan terapi.

3.      Menurut skinner hukuman justru menimbulkan efek yang tidak baik, yaitu kecuali…

a.       Berefek negatif pada segi emosi.

b.      Kadang-kadang menimbulkan sakit jasmani.

c. Tidak menimbulkan agresifitas.

d.      Bila sesuatu aktivitas diberikan hukuman, maka tingkah laku tersebut selalu diberi hukuman agar konsekuen.

4.      Pengkondisian operant banyak dilakukan dalam…

a.       Setting klinis (modifikasi perilaku).

b.      Mengajar (manajemen kelas).

c.       Pengembangan pembelajaran (pembelajaran yang diprogramkan).

d. Pemberikan hukuman.

5.      Bukti untuk membentuk perilaku harus diberi materi yang dibagi dalam bagian-bagian yang sedikit disebut…

a. Mastery learning

b.      Fixed internal

c.       Continuous schedule

d.      Spontanaeous recovery

6.      Menurut Skinner, bagaimana jadwal pemberian hadiah yang baik untuk pendidikan…

a.       Fixed interval

b.      Variable interval

c. Variable ratio

d.      Fixed ratio

7.      Conditioning yang menitik beratkan pada respon adalah…

a.       Reflex conditioning

b.      Responden conditioning

c. Operant conditioning

d.      Stimulus conditioning

8.      Conditioning yang menitik beratkan pada stimulus adalah…

a.       Reflex conditioning

b. Responden conditioning

c.       Operant conditioning

d.      Stimulus conditioning

9.      Di bawah ini adalah bentuk-bentuk penguatan, kecuali…

a.       Pujian verbal.

b.      Prestasi.

c.       Hadiah.

d.      Kepuasan.

10.  Pada responden conditioning, hal apa yang lebih dititikberatkan…

a.       Stimulus.

b.      Respon.

c.       Reward.

d.      Hukuman.

1.      Dibawah ini termasuk tokoh gestalt, kecuali :

a. B. F. Skinner

b.      Max Wertheimer

c.       Koffka

d.      Wolfgang Kohler

2.      Secara umum, gestalt dapat diartikan sebagai berikut :

a.       Teori yang mengusung pentingnya hukuman atau ganjaran dalam pembelajaran

b. Keseluruhan yang lebih berarti dari bagian-bagian

c.       Pandangan yang mengesampingkan pentingnya belajar pemahaman

d.      Teori yang mempunyai tujuan belajar untuk memanusiakan manusia

3.      Suatu konsep dasar yang penting dalam psikologis gestalt adalah :

a.       Stimulus

b.      Driil

c. Insight

d.       Exercise

4.      Hal-hal yang berkesinambungan cenderung membentuk gestalt, merupakan bunyi dari hukum :

a.       Pragnanz

b.      Kesamaan

c.       Kecenderungan

d. Kontinuitas

5.      1. Tongkat

2. Tombol

3. Kotak

4. lantai yang dapat dialiri listrik

Pada eksperimen gestalt, simpanse mengambil pisang dibantu dengan alat :

a.       1 dan 2

b.      2 dan 3

c.       3 dan 4

d. 1 dan 3

6.      Dibawah ini hal-hal yang mempengaruhi pemahaman seseorang, kecuali :

a.       Kemampuan dasar seseorang

b. Pengalaman masa depan yang relevan

c.       Pengaturan situasi yang dihadapi

d.      Pemahaman didahului oleh periode coba-coba

7.      1. Realisasi adanya masalah

2. menilai dan mencobakan usaha pembuktian hipotesa

3. mengumpulkan data

4. mengajukan hipotesa

5. mengambil kesimpulan

Dari data diatas urutan upaya pemecahan sebuah masalah adalah :

a.       1, 2, 3, 4 ,5

b.      1, 3, 5, 2, 4

c. 1, 4, 3, 2, 5

d.      4, 2, 3, 1, 5

8.      Aplikasi teori gestalt dalam proses pembelajaran adalah kemampuan tilikan, yang berati :

a. Kemampuan mengenal keterkaitan unsur-unsur dalam suatu obyek atau peristiwa

b.      Kemampuan pemindahan pola-pola perilaku dalam situasi pembelajaran tertentu ke situasi lain

c.       Kemampuan menyadari tujuan pembelajaran

d.      Kemampuan menguraikan cerita pendek menjadi kata-kata

9.      Belajar menurut menurut teori belajar kognitif selalu didasarkan pada kognisi, yaitu :

a. Proses perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya interaksi  antara stimulus dengan respons

b. Tindakan mengenal atau memikirkan situasi dimana tingkah laku itu terjadi

c.       Tindakan memanusiakan manusia

d.      Semua benar

10.  – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

Bila memperhatikan tanda “ ~ “ diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa tanda itu membentuk baris horisontal, hal ini sesuai dengan hukum :

a.       Kedekatan

b.      Ketertutupan

c.       Kesinambungan

d. Kesamaan

1.      Kurt Lewin merupakan seorang yang kelahiran Polandia yang menganut psikologi .  .  .

a.       Gestalt

b.      Pendidikan

c.       Perkembangan

d. Eksperimental

2.      Berkolaborasi dengan siapakah Lewin dalam menghasilkan eksperimen kepemimimpinan kelompok.  .  .

a.       Adolf Hitlerl

b. Ronald Lippitt

c.       Alex  Bavelas

d.      Ernst  Cassier

3.      Psikologi kognitif menurut Kurt Lewin merupakan perpaduan antara.  .  .

a.     Psikologi Behaviorisme dan Psikologi Kontruktivisme

b. Psikologi Behaviorisme dan Psikologi Gestalt

c.     Psikologi Medan dan  Psikologi Operant Conditioning

d.    Psikologi Humanisme dan Psikologi Medan

4.      Teori medan yang dikembangkan oleh Lewin memiliki kesamaan dengan Gestalt yaitu.  .  .

a. Belajar adalah pemecahan masalah

b.      Belajar adalah hasil perilaku individu

c.       Belajar adalah pengaruh lingkungan

d.      Belajar adalah pengaruh motivasi

5.      Berikut ini adalah ciri pembelajaran dalam pandangan kognitif,  kecuali.  .  .

a.       Menyediakan pengalaman belajar

b.      Menyediakan berbagai alternatif  pengalaman belajar

c.       Mengintegrasikan pembelajaran sehingga terjadi interaksi dan kerjasama yang antara siswa dengan guru

d. Melibatkan siswa secara fisik sehingga siswa menjadi tertarik dan mau belajar

6.      Menurut Lewin hasil belajar dipengaruhi oleh .  .  .

a.       Sarana belajar dan lingkungan

b.      Individu dan motivasi

c. Individu dan lingkungan

d.      Sarana belajar dan motivasi

7.      Di bawah ini yang bukan merupakan misi dari pemerolehan pengetahuan melalui strategi pembelajaran kognitif kognitif medan adalah.  .  .

a. Mencari informasi

b.      Menganalisis informasi

c.       Mengolah informasi

d.      Pemecahan informasi

8.      Tujuan pendidikan menurut teori belajar kognitif medan adalah sebagai berikut, kecuali.  .  .

a.       Menghasilkan individu yang mempunyai kemampuan berfikir yang kritis

b.      Kurikulum dirancang agar tercipta situasi yang kondusif

c.       Peserta didik selalu aktif dan dapat menemukan cara belajar yang sesuai

d. Peserta didik hanya pasif menunggu arahan dari guru

9. Dalam pembelajaran kognitif medan, yang menjadi pusat pembelajaran adalah.  .  .

a.       Guru

b. Siswa

c.       Buku

d.       Sekolah

10. Contoh pembelajaran yang sesuai untuk menerapkan teori kognitif medan antara lain seperti berikut, kecuali. . .

a.       Mengarang

b.      Menganalisis isi buku

c. Mendengarkan ceramah guru

d.      Observasi

1.      Siapakah tokoh dibawah ini yang menerangkan teori pemrosesan informasi

a.       Piaget

b.      Maslow

c. Robert Gagne

d.      Freud

2.      Apakah yang dimaksud dengan kondisi eksternal yang mempengaruhi hasil belajar

a.       Keadaan dalam diri individu untuk mencapai hasil belajar

b.      Rangsangan berupa niat yang membuat orang ingin mencapai hasil belajar

c. Pengaruh dari luar yang mempengaruhi individu dalam proses belajar

d.      Pengaruh dari motivasi diri yang membuat individu mencapai tujuan belajar

3.      Manakah yang bukan merupakan fase utama dalam proses belajar

a.       Fase Receiving the stimulus situation

b.      Fase Stage of Acquition,

c.       Fase storage /retensi

d. Fase distribusi

4.      Disebut fase apakan disaat siswa harus memanggil kembali memori ketika dulu

a. Fase Retrieval/Recall,

b.      fase motivasi

c.       fase umpan balik,

d.      fase generalisasi

5.      apakah yang disebut dengan fase umpan balik

a.       fase dimana siswa menampilkan sesuatu setelah melihat sesuatu yang lain

b. siswa harus diberikan umpan balik dari apa yang telah ditampilkan

c.       fase mengingat kembali atau memanggil kembali informasi yang ada dalam memori

d.      guru memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar,

6.      berikut beberapa kemampuan sebgai hasil dari belajar

a. Verbal Information, Intellectual skills, Attitudes

b.      Motor skills, reformasi, Attitudes

c.       Motor skills , evolusi, Verbal Information

d.      Intellectual skills, evakuasi, Cognitive strategies

7.      Dibawah ini yang bukan termasuk dalam strategi kognitif adalah

a.       strategi menghafal

b.      strategi pengaturan

c.       strategi metakognitif,

d. strategi ketergantungan

8.      apa yang dimaksud dengan signal learning

a. Proses belajar melalui pengalaman-pengalaman menerima suatu isyarat tertentu untuk melakukan tindakan tertentu

b.      respon tertentu yang diakibatkan oleh suatu stimulus tertentu yang kemudian akan memeberikan respon.

c.       Mengenal suatu bentuk-bentuk tertentu dan menghubungkan bentuk-bentuk rangkaian verbal tertentu

d.      Memecahkan masalah merupakan suatu pekerjaan yang biasa yang dilakukan manusia

9.      Berikut ini yang bukan termasuk type pembelajaran

a. Signal learning (belajar isyarat)

b. Stimulus-response learning (belajar melalui stimulus-respon)

c. Discrimination learning (belajar diskriminasi)

d. Present the content (menyajikan stimuli)

10. Robert gagne merupakan tokoh dalam teori

a.       Behaviorisme

b. Kognitivisme

c.       Humanism

d.      konstruktivisme

1.      Kontribusi utana Maslow dengan psikologi adalah…..

a.       Struktur dasar kepribadian

b. Tangga/piramida kebutuhan dasar

c.       Penekanan pada identitas

d.      Perluasan metode psikoanalisis

2.      Kebutuhan yang diletakkan paling bawah dalam hierarki kebutuhan Maslow adalah…

a.       Kebutuhan akan rasa aman

b.      Kebutuhan aktualisasi diri

c. Kebutuhan fisik

d.      Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi

3.      Salah satu contoh kebutuhan akan penghargaan atau pengakuan yang berada pada level atas adalah…

a. Kebebasan

b.      kemahsyuran

c.       Perhatian

d.      Reputasi

4.      Salah satu contoh kebutuhan akan penghargaan atau pengakuan yang berada pada level bawah adalah…

a.       Kecakapan

b.      Keterampilan

c.       Kemampuan khusus (spesialisasi)

d. Kebanggaan diri

5.      Berikut ini yang bukan termasuk kualifikasi yang mengindikasikan karakteristik pribadi-pribadi yang telah beraktualisasi adalah….

a.       Memusatkan diri pada realitas

b. Rasa humor yang “agresif”

c.       Spontanitas

d.      Otonomi pribadi

6.      Yang dimaksud Peak experience adalah….

a.       Pengalaman pribadi

b.      Pengalaman berbicara

c. Pengalaman spiritual

d.      Pengalaman kemanusiaan

7.      Yang merupakan puncak kebutuhan hidup yang paling tinggi menurut Maslow adalah…

a. Aktualisasi diri

b.      Rasa aman

c.       Kebutuhan fisiologis

d.      Kebutuhan akan dicintai dan disayangi

8.      Adanya ekspektasi yang konsisten merupakan salah satu contoh dari pemenuhan….

a.       Kebutuhan harga diri

b. Kebutuhan rasa aman

c.       Kebutuhan kasih sayang atau penerimaan

d.      Pengetahuan dan pemahaman

9.      Sikap empatik,peduli dan interest terhadap sesama merupakan salah satu contoh dari pemenuhan….

a.       Kebutuhan harga diri

b.      Kebutuhan rasa aman

c. Kebutuhan kasih sayang atau penerimaan

d.      Pengetahuan dan pemahaman

10.  Yang tidak termasuk pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri adalah…

a.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan yang terbaik

b.      Menciptakan pembelajaran yang bermakna dikaitkan dengan kehidupan nyata

c.       Melibatkan siswa dalam kegiatan “self expressive” dan kreatif

d. Mengembangkan strategi pembelajaran yang bervariasi

1.      Dalam cooperative-learning siswa akan mencapai tujuan apabila siswa yang lain juga mencapai tujuan tersebut artinya tujuan akan secara bersama-sama dicapai apabila dalam sejumlah siswa sama-sama . . .

a. Ikut andil untuk sama – sama mencapai tujuan.*

b.      Ikut merasakan untuk  sama – sama mencapai tujuan.

c.       Ikut belajar untuk sama – sama mencapai tujuan.

d.      Ikut andil untuk mencapai tujuan dirinya sendiri.

2.      Penghargaan kooperatif juga diberikan karena usaha  . . .

a.       Usaha bersama.

b.      Usaha tiap individu.

c.       Usaha kelompok bagian.

d. Usaha bersama tiap individu dalam kelompok.*

3.      Sebelumnya siswa tersebut diberi penjelasan atau diberi pelatihan tentang bagaimana dapat bekerja sama yang baik dalam hal, kecuali . . .

a.       Bagaimana menjadi pendengar yang baik

b.      Bagaimana memberi penjelasan yang baik

c.       Bagaimana cara mengajukan pertanyaan dengan benar dan lain-lainnya

d. Bagaimana nilai yang didapat*

4. Menurut Johnson & Johnson, dan Sharan, komponen-komponen penting dari pembelajaran kooperatif berikut ini adalah salah kecuali . . .

a.       Ketergantungan negatif

b.      Interaksi promotif tidak langsung

c. Pemrosesan kelompok*

d.      Keterampilan-keterampilan pribadi

5.      Untuk mencapai hasil yang maksimal, lima unsur model pembelajaran gotong royong harus diterapkan kecuali . . .

a.       Saling ketergantungan Positif

b.      Tanggung Jawab Perseorangan

c.       Kornunikasi Antar Anggota

d. Evaluasi Proses individu*

6.      Langkah – langkah dalam menjalankan kooperatif learning setelah menentukan ketergantungan positif yaitu . . .

a.       memilih tugas yang tepat

b. memfasilitasi kerjasama kooperatif*

c.       memberikan interaksi promotif

d.      menentukan akuntabilitas individu dan kelompok

7.      Langkah – langkah dalam menjalankan kooperatif learning yang lain sebelum , evaluasi yaitu . . .

a.       menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

b.      mengorganisasikan siswa dalam kelompok

c. membimbing kelompok bekerja dan belajar*

d.      memberikan penghargaan.

8.      Keputusan guru dalam penataan ruang disesuaikan dengan kondisi dan situasi ruang kelas dan sekolah. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah, kecuali . . .

a.       Ukuran ruang kelas

b.      Tingkat kedewasaan siswa.

c.       Toleransi guru dan kelas sebelah terhadap kegaduhan dan lalu lalangnyasiswa

d. kegaduhan dan lalu lalangnya siswa lain*

9.      Empat pendekatan yang seharusnya merupakan bagian dari kumpulan strategi pengajar pemula adalah sebagai berikut salah kecuali . . .

a. STAD dan JIGSAW*

b.      INVESTIGASI KELOMPOK dan KOGNITIF

c.       PENDEKATAN STRUKTURAL dan SELF-INITIATED LEARNING

d.      SELF-INITIATED LEARNING dan STAD

10.  Cooperative Learning termasuk ke dalam teori belajar . . . .

a.       Konstruktivisme

b. Humanisme*

c.       Kognitivisme

d.      Behaviorisme

11.  Untuk mempelajari dengan teori apakah materi yang akan diajarkan secara alami dapat dibagi menjadi beberapa bagian (sub-topik) ?

a. Jigsaw*

b.      STAD

c.       Game Competition

d.

12.  Model pembelajaran yang bisa dan harus dipakai ada tiga pilihan model, yaitu kecuali

a.       Kompetisi dan cooperative

b.      Cooperative dan individual

c. Individual dan individual*

d.      Kompetisi dan individual

13.  Cooperative Learning mengacu pada kelompok kecil yang melibatkan siswa dalam kelompok yang terdiri dari  . . . .  siswa yang mempunyai kemampuan yang berbeda.

a.       1  siswa

b.      2 – 3 siswa

c. 4 – 6 siswa*

d.      ≥7 siswa

14.  Teori belajar Cooperative Learning dipopulerkan oleh . . .

a. Robert Slavin*

b.      Carl Roger

c.       Gagne

d.      Maslow

15.  Perbedaan antara teknik pendekatan STAD dengan Jigsaw yaitu . . .

a. STAD sistemnya dengan kompetisi, sedang Jigsaw dengan tutor/ tutor sebaya.*

b.      Jigsaw sistemnya dengan kompetisi, sedang STAD dengan tutor/ tutor sebaya.

c.       Jigsaw sistemnya mengerjakan proyek penelitian, STAD dengan kompetisi.

d.      STAD jumlah siswanya lebih banyak daripada Jigsaw.

16.   Pada tahapan pembentukan kelompok pada TGT yang sifatnya . . .

a. Heterogen*

b.      Homogen

c.       Biseksual

d.      Heterogen dan homogen

17.  Dalam tahapan belajar kelompok pada TGT, media yang digunakan untuk menyiapkan anggota kelompok agar dapat mengerjakan soal – soal yaitu . .

a.       LCD

b.      Lembar kertas

c. LKS*

d.      Buku paket

18.  Penentuan rangking dalam teknik belajar kooperative learning terdapat pada teknik . . . .

a.       Jigsaw

b. TGT*

c.       STAD

d.      Group Invistigation

19.  Penempatan anggota yang terdapat dalam teknik cooperative learning berdasarkan tingkat kinerja, jenis kelamin, suku merupakan ciri dari . . .

a.       Group Invistigation

b.      Jigsaw

c.       TGT

d. STAD*

20.  Teknik belajar Jigsaw dikembangkan oleh . . .

a.       Maslow

b. Elliot Aronson*

c.       Slavin

d.      Carl Roger

1.       Dimanakah Jean Piaget dilahirkan?

a. swiss

b.      amerika

c.       firlandia

d.      belanda

e.       china

2.       Piaget menjelaskan tentang teori apa?

a. psikoanalitik

b.      kognitif

c.       humanistik

d.      behaviorisme

e.       ethology

3.       Apa definisi teori kognitif secara singkat?

a. penggunaan pengetahuan

b.      penilaian pengetahuan

c.       penggunaan diri

d.      penilaian diri

e.       mengatur emosi

4.       Teori Piaget didasarkan pada pengamatannya terhadap. . .

a. anak-anaknya

b.      simpanse

c.       burung

d.      tikus

e.       kucing

5.       Sebutkan 3 aspek intelegensi!

a. struktur, isi, fungsi

b.      definisi, isi, akomodasi

c.       isi, akomodasi, asimilasi

d.      definisi, isi, fungsi

e.       akomodasi, asimilasi,transisi

6.       Apa yang dimaksud dengan equilibrium?

a. Keseimbangan

b.      Ketidak seimbangan

c.       kemauan

d.      motivasi

e.       perubahan

7.       4 faktor yang mempengaruhi transisi tiap perkembangan anak adalah. . .

a.       akomodasi, asimilasi, equilibrium, dan disequilibrium

b.      sensori motor, pra operasional,  operasional konkrit, dan operasional formal

c.       equilibrium, disequilibrium, sensori motorik, dan  sensori pra operasional

d. kematangan, pengalaman fisik/ lingkungan, transmisi social, dan equilibrium

e.       keluarga, lingkungan sosial, pergaulan, dan kematangan diri

8.       Tahap perkembangan kognitif operasional konkrit yaitu pada usia. . .

a.       0 – 2 tahun

b.      2 – 7 tahun

c. 7 – 11 tahun

d.      11 tahun keatas

9.       Anak telah memiliki simbol matematis tetapi belum dapat menghadapi hal-hal yang abstrak, tahap perkembangan ini terjadi pada tahap. . .

a.       sensori motor

b.      pra operasional

c. operasi konkrit

d.      operasi formal

e.       equilibrium

10.   Apa ciri nyata dari anak pada tahap operasional konkrit?

a.       anak timbul perkembangan kognitifnya tetapi hanya sebatas pada  benda yang dilihatnya

b. anak mampu memahami bentuk argumen dan tidak dibingungkan pada argumen tersebut

c.       anak beum mempunyai konsepsi tentang objek yang tetap

d.      anak dapat mengetahui simbol-simbol sistematis tapi belum dapat menghadapihal-hal yang abstrak

1.Sebutkan dua tipe belajar menurut Rogers?

a)      Kognitif dan pemrosesan informasi

b) Kognitif dan Experiental

c)       Pembelajaran kooperatif dan experiental

d)      Experiental dan pengkondisian klasik

2.Bagaimanakah pandangan rogers terhadap manusia?

a) Rogers memandang bahwa semua manusia itu baik

b)      Rogers memandang bahwa manusia akan merespon ketika ada stimulus

c)       Rogers memandag bahwa manusia termotivasi dari luar

d)      Rogers memendang bahwa semakin manusia melakukan ketrampilan maka akan semakin bias

3.Menghargai bersyarat biasa disebut juga dengan?

a)      Unconditional positive regard

b)      Operant conditioning

c)       Conditioning Stimulus

d) Conditional positive regard

 

4.Menurut Rogers dibawah ini adalah cirri-ciri guru yang fasilitatif,kecuali

a)      Merespon perasaan siswa

b) Memberi hukuman ketika murid bersalah

c)      Berdialog dan berdiskusi dengan siswa

d)      Menghargai dan tersenyum pada siswa

 

5.Proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada murid untuk bergerak secara bebas disekitar kelas dan memilih aktivitas belajar sendiri,disebut proses?

a)      Pembelajaran kooperatif

b)      Pembelajaran kolaboratif

c) Pendidikan terbuka(open education)

d)      Pembelajaran kompetitif

6.Belajar yang berarti bagi siswa adalah

a) Belajar yang bermakna dan sesuai kebutuhan siswa

b)      Belajar  dalam kondisi yang tidak tertekan

c)       Belajar dengan rasa ingin tahu yang tinggi

d)      Belajar yang melibatkan perasaan

 

7.Dibawah ini yang tidak termasuk kemampuan para guru yang dikembangkan Rogers dan diteliti oleh Aspy dan Roebuck untuk menciptakan kondisi yang mendukung adalah

a)      Empati

b)      Penghargaan

c) Simpati

d)      Umpan balik positif

8.Proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada murid untuk bergerak secara bebas didepan kelas dan memilih aktivitas belajar sendiri merupakan pengertian dari?

a)      Pendidikan tertutup

b) Pendidikan terbuka

a.       c)       Pendidikan tradisional

b.      d)      Pendidikan modern

 

9.Dibawah ini merupakan cirri-ciri guru yang fasilitatif,kecuali

a)      Merespon perasaan siswa

b)      Memberi hukuman ketika murid bersalah

c)      Berdialog dan berdiskusi dengan siswa

d)      Menghargai dan tersenyum pada siswa

10.Belajar atas inisiatif sendiri bagi siswa adalah

a)      Belajar yang melibatkan perasaan dan pikiran si pelajar

b)      Belajar yang bermakna dan sesuai dengan kebutuhan siswa

c)       Belajar dengan rasa ingin tahu yang tinggi

d)      Belajar dalam kondisi yang tidak tertekan

Tentang dhiey

luv softball baseball, luv freunds, luv anthing all about to writting
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s